SARANA PRASARANA

Kategori: Berita Kemenlhk Ditayangkan: Rabu, 18 April 2018 Ditulis oleh Muhammad Athaa Illah Arsjad

1. (KLINIK) ANOA BREEDING CENTER

 

(Klinik) Anoa Breeding Center adalah salah satu sarana yang berada di dalam lokasi BPSILHK Manado sehingga bisa di kunjungi untuk melihat beberapa satwa endemik yang tergolong dalam mamalia besar, yang bernama (buballus sp.) tapi ada hal menarik dari anoa ini adalah mamalia satu ini hanya berada di daratan sulawesi saja, tak heran banyak yang belum tau tentang hewan mirip kerbau ini.

 

 

2. KANDANG ANOA

 

Kalau di atas adalah (klinik) Anoa, kategori ke-2 ini adalah kandangnya sendiri karena disini termasuk salah satu tempat konservasi mamalia endemik tersebut.

kandang ini bisa di bilang yang paling terjaga untuk membuat mamalia ini nyaman seperti di hutan tempat dia tinggal, jadi untuk membersihkannya, keeper harus rajin membersihkan dan memberikan pakan ternak kepada mamalia ini.


Jika ingin lebih tau tentang Anoa (buballus sp.) bisa kunjungi youtubenya langsung, Klik disini

 

 

3. KOLEKSI HERBARIUM

 

Herbarium
Herbarium mempunyai dua pengertian, pertama Herbarium adalah
sebuah tempat atau sebuah lembaga yang berfungsi sebagai penyimpanan specimen tumbuhan baik kering ataupun basah. Selain penyimpanan, juga digunakan untuk melakukan studi berbagai jenis tumbuhan, terutama untuk tala nama daDklassifikasi tumbuhan secara ilmiah. Contoh dari Herbarium-herbarium tersebut adalah Herbarium Bogoriense Bogor (BO), Herbarium Universitas Andalas (ANDA), Herbarium and Library Botanical Gardens, Singapore (SING). daTIlain sebagainya. Pengertian kedua. Herbarium adalah berupa material yaitu specimen (koleksi tumbuhan) baik basah maupun kering atau yang umum dikenal dengan spesimen.Specimen itu ada yang disiapkan dengan proses kering dan ada pula dengan cara basah. Specimen kering adalah koleksi tumbuhan yang telah dikeringkan,telah diberi label, telah dimounting dan diawetkan serta disimpan.secara baik di tempat penyimpanan yang telah disediakan (Herbarium). Specimen basah, yaitu koleksi yang diawetkan dengim menggunakan larutan tertentu, misalnya FAA, atau alkohol 70 %, telah diberi label secara lengkap sesuai dengan ketentuan. Specimen basah ini dilakukan didasarkan kepada kondisi objek (koleksi) yang basah, kecil dan akalau dikeringkan mungkin tidak memperlihatkan bentuk dan strukturyang dibutuhkan daTI juga didasarkan kepada kebutuhan kolektor, misalnya koleksi organ-organ generatif tertentu untuk memudahkan pengamatan selanjutnya diperlukandengan menggunakan koleksi basah.

 

 

 

4. LABORATORIUM

 

Selain tempat koleksi herbarium, di BPSIHK juga terdapat Laboratorium yang dipakai oleh peneliti untuk meneliti berbagai macam jenis tumbuhan, dan berbagai macam bentuk-bentuk klasifikasi bentuk tumbuhan tersebut

 

 

 

 

Dilihat: 8094