Gali Peluang Kerjasama Lebih Banyak, BP2LHK Manado Lakukan Kunjungan ke PT. MSM - PT. TTN di Minahasa Utara

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Selasa, 18 Jun 2019 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK MANADO (Manado, 17/06/2019) “Kegiatan BP2LHK Manado yang berkaitan dengan Konservasi baik flora maupun fauna potensial untuk mendapat dukungan dari berbagai pihak”, Demikian disampaikan David Sompie Direktur Community, Biodiversity, and Environment PT. Meares Soputan Minning (MSM) - PT. Tambang Tondano Nusajaya (TTN) ketika menerima kunjungan dari Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado (17/06).

David juga menambahkan bahwa keberhasilan Anoa Breeding Centre (ABC) Kerjasama BP2LHK Manado dan BKSDA Sulawesi Utara dalam merawat dan mengembangbiakan anoa perlu terus didukung.”Penelitian BP2LHK lainnya yang juga berpotensi untuk dikembangkan pada area reklamasi tambang maupun inovasi teknologi litbang yang berdampak pada masyarakat dapat menjadi objek kerjasama kedepan”. Tambah David.

Seperti diketahui sebelumnya pada tahun 2018 BP2LHK Manado telah bekerjasama dengan PT. MSM - PT.TTN dalam berbagai bidang diantaranya bantuan operasional pengelolaan ABC berupa kendaraan Roda 3, selain itu PT. MSM - PT.TTN juga memberikan dukungan dalam Pelatihan Konservasi Anoa yang diadakan dalam rangka memperingati World Wildlife Day, Hari Hutan Internasional, dan Hari Bakti Rimbawan ke-35 bekerjasama dengan Zoo Leipzig, serta Inhouse Training untuk Environment Departement PT. MSM – PT. TTN bersama Dr. Ir. Irdika Mansur, M.For.Sc., salah satu pakar silvikultur dan rehabilitasi lahan Institut Pertanian Bogor (IPB)

Sementara itu Kepala BP2LHK Manado, Ir. Dodi Garnadi, M.Si yang memimpin kunjungan dari BP2LHK Manado mengatakan bahwa beberapa kegiatan BP2LHK Manado seiring waktu sudah menuju kepada kegiatan yang berdampak kepada masyarakat seperti kegiatan outreach pendidikan konservasi flora dan fauna ke daerah sekitar habitat populasi anoa, pelatihan budidaya jamur tiram putih, dan baru-baru ini melalui kegiatan Gelar IPTEK memperkenalkan teknologi pemanfaatan kotoran ternak sebagai material pembuatan biogas. ”Kegiatan kami ini sekaligus mendukung Program Aksi Bela Negara Badan Litbang dan Inovasi poin Internalisasi Nilai-nilai Dasar Bela Negara kepada Masyarakat Umum”. Kata Dodi.

Lebih lanjut Ir. Dodi Garnadi, M.Si mewakili BP2LHK Manado mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT. MSM – PT. TTN atas dukungan dan bantuan untuk pengembangan ABC. ”Bantuan dari PT. MSM - PT. TTN sangat bermanfaat bagi kami karena selama ini ABC BP2LHK Manado tidak bisa hanya mengandalkan APBN dalam mengembangkan dan melestarikan Anoa, oleh sebab itu kerjasama dari mitra senantiasa kita galakkan”, ucap Dodi.

Di akhir pertemuan David Sompie juga menyatakan bahwa Pihak PT. MSM – PT. TTN juga sangat tertarik untuk melibatkan peneliti BP2LHK Manado dalam pembangunan plot pasca reklamasi dengan tanaman komersil, melalui penanaman 13 jenis eboni sehingga terbuka peluang kerjasama untuk itu selain Anoa Breeding Centre (ABC).***(LT).

Dokumentasi                  : Tinus Sanda

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

                         

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 139