Tingkatkan Kualitas Kinerja Melalui Rapat Evaluasi

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Senin, 09 Juli 2018 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK MANADO (Manado, 9/7/2018) Sebagai bentuk komitmen Balai Penelitian dan Pengembagan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado untuk meningkatkan dan menjaga kualitas kinerja, BP2LHK Manado rutin melaksanakan Rapat Evaluasi Kinerja setiap triwulan. Forum ini dihadiri oleh seluruh karyawan dan karyawati dan dipimpin oleh Kepala BP2LHK Manado, Ir. Dodi Garnadi, M.Si guna membahas target kinerja dan realisasi yang dicapai sehingga program dan kegiatan yang telah direncanakan dapat terlaksana sesuai waktu yang telah ditetapkan.

Kamis (5/7), BP2LHK Manado melaksanakan Rapat Evaluasi Kinerja Triwulan II. Rapat kali ini menjadi lebih penting karena, selain membahas target dan capaian kinerja, pada pertemuan ini juga dibahas tentang perkembangan seleksi Pusat Unggulan Iptek (PUI) Kemenristek Dikti serta rencana BP2LHK Manado untuk menyelanggarakan seminar pada bulan Oktober mendatang. Dalam arahannya Kepala Balai menyampaikan bahwa rapat evaluasi ini perlu untuk mengevaluasi antara persentase serapan dengan rencana yang telah ditetapkan, kendala yang dihadapi dalam mencapai target dan tindak lanjutnya, perlunya orientasi terhadap pelayanan publik, serta persiapan seminar agar lebih baik dalam penyelenggaraannya.

Pada tahun ini BP2LHK Manado mengikuti seleksi PUI dan telah lolos pada tahap I. Sebagaimana disampaikan oleh Kasubdit Lemitbang Pemerintah Pusat, Bpk. Yudho Baskoro, M.Si, M.PP dalam Forum Persiapan Kunjungan Verifikasi Data Lapangan di Kemenristek Dikti Jakarta, dari 47 lembaga yang registrasi secara online hanya 36 lembaga yang lolos desk study dan BP2LHK Manado menjadi salah satu diantaranya bersama 7 satker di lingkup Badan Litbang dan Inovasi KLHK. Oleh karena itu, melalui rapat evaluasi ini diharapkan BP2LHK Manado dapat mempersiapkan lebih matang dalam menghadapi verifikasi data lapangan oleh Tim Kemenristek Dikti yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2018 mendatang. Dengan persiapan yang matang diharapkan BP2LHK Manado dapat lolos pada tahap berikutnya. Keikutsertaan dalam seleksi PUI merupakan bagian upaya BP2LHK Manado menjadi lembaga riset yang unggul sehingga dapat memberikan kemanfaatan yang lebih berkualitas kepada para penggunanya. Dalam seleksi ini BP2LHK Manado mengusulkan untuk menjadi Pusat Unggulan Iptek Konservasi Flora dan Fauna Endemik Wallacea.

Selanjutnya terkait rencana penyelenggaraan seminar, Kepala Seksi Data Informasi dan Kerjasama (DIK), Rinto Hidayat, S. Hut menyampaikan bahwa rencana tema seminar yang akan datang adalah “Membangun Sinergitas Dalam Pelestarian Sumber Daya Alam”. Dalam waktu dekat panitia akan mengumumkan Call for Paper yang kemudian akan diseleksi sebagai naskah yang akan dipaparkan dalam seminar. Penjajakan peluang kerjasama dalam penyelenggaran seminar juga sedang diupayakan oleh Seksi DIK guna lebih mengoptimalkan pelaksanaan seminar sehingga dapat lebih berkualitas dalam penyelenggaraannya.

Mengingat bahwa tahun 2019 adalah akhir tahun periode Renstra 2014-2019, maka melalui rapat evaluasi kinerja ini Kepala Seksi Program dan Evaluasi, mengingatkan kepada seluruh penanggung jawab kegiatan agar memperhatikan target capaiannya, khususnya untuk kegiatan penelitian yang multiyears agar mempersiapkan bahan sintesanya untuk mendukung capaikan Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) lingkup Badan Litbang dan Inovasi.  Selain itu juga perlu untuk mempersiapkan program/kegiatan penelitian dan pengembangan yang akan dilaksanakan pada periode renstra berikutnya. Adapun salah satu upayanya yaitu dengan menjaring masukan dari stakeholders yang terkait di dalam wilayah kerja BP2LHK Manado yang meliputi tiga provinsi yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara.***(Cahyo Riyadi).

 

Artikel terkait :

Jurnal Wasian Terbitkan Volume Terbaru dengan Status Terakreditasi

Menuju Jurnal Ilmiah Terakreditasi, Semangat Menulis tidak Boleh Putus

BP2LHK Manado Raih Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan

Jurnal Wasian Terbit Perdana Secara Elektronik Juni 2016

Pelatihan e-journal Untuk Meningkatkan Kualitas Publikasi Ilmiah menuju WASIAN e-journal

Jurnal Wasian, Penjelmaan Baru Media Publikasi BPK Manado

------------------------------------------------------------------------------------

                                  

------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 123