Jurnal Wasian Terbitkan Volume Terbaru dengan Status Terakreditasi

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Rabu, 04 Juli 2018 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK MANADO (Manado, 02/07/2018) Setelah resmi mendapatkan akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (TBI) LIPI pada tahun lalu, Jurnal Wasian Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado akhirnya menerbitkan Volume 5 Nomor 1 tahun 2018 yang merupakan terbitan pertama dengan status “Terakreditasi”.

Seperti diberitakan sebelumnya berdasarkan Surat Keputusan Kepala LIPI Nomor 1015/E/2017 tentang Hasil Akreditasi TBI , Jurnal Wasian dinyatakan “Terakreditasi” dengan sertifikat akreditasi nomor 780/Akred/P2MI-LIPI/08/2017 dan berlaku selama 5 tahun (Agustus 2017 - Agustus 2022). Sehingga menjadikan Jurnal Wasian satu dari 8 jurnal lingkup Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK yang saat ini terakreditasi yaitu IJFR, Jurnal Penelitian Hasil Hutan, Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan, Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan, Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan, Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea, serta Jurnal Perbenihan.

Pada volume 5 nomor 1 tahun 2018 kali ini Jurnal wasian mengetengahkan 6(enam) artikel yang yaitu “Wildlife Diversity for Ecotourism at Aqua Lestari Forest Park, North Minahasa” oleh Diah Irawati dkk, “The Intensity Attack of Leaf Pest Graphium agamemnon L. and Its Parasitoid Potency on Monoculture and Agroforestry Manglid (Magnolia champaca) Patterns “ oleh Endah Suhaendah dan Aji Winara, “Analysis of Characteristics and Typology of Mapili Watershed West Sulawesi Province” oleh Wahyudi Isnan danHasnawir Hasnawir, “Identification of Water Bacteria from Nickel Post Mining in East Halmahera” oleh Margaretta Christita dkk, “Development Strategy of Masoi (Cryptocarya massoia (Oken) Kosterm.) as Non-Timber Forest Products in Teluk Bintuni, West Papua With SWOT Analysis“ oleh Baharinawati dkk serta “The Study of Faustmann Formula Application in Sustainable Natural Forest Management in Indonesia” oleh Yonky Indrajaya.

Jurnal Wasian memiliki International Standard Serial Number (ISSN) 2355-9969, perdana terbit pada Juni 2014 yang merupakan wujud baru dari “Info BPK Manado” dengan ISSN 2252-4401 yang sudah terbit sejak Desember 2011. Jurnal Wasian terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) berisikan artikel/tulisan ilmiah kontribusi para peneliti, akademisi, maupun masyarakat lainnya di bidang kehutanan dan melibatkan dewan redaksi dan mitra bestari yang kompeten di bidang kepakarannya. Sejak tahun 2016 Jurnal WASIAN telah menerapkan Online Journal System (OJS)  dan sekarang sudah terindeks di 13 Pengideks Jurnal yang salah satunya telah terindeks DOAJ, dimana untuk lingkup BLI Jurnal Wasian adalah jurnal ke-3 yang terindeks DOAJ setelah Jurnal IJFR Sekretariat BLI dan Jurnal Wallacea BP2LHK Makassar. Untuk mengetahui lebih lengkap pembaca bisa langsung mengakses  di laman web  http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS/index ***(Muhammad Farid)

 

Artikel terkait          :

Tingkatkan Layanan Mutu Lembaga, Tim KNAPPP Kemenristek-Dikti lakukan Asesmen Eksternal di BP2LHK Manado

Wujudkan Kepedulian Lingkungan, BP2LHK Manado dan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane tanam 10.000 Pohon di Perbatasan

Sosialisasi Pusat Unggulan IPTEK : BP2LHK Manado Punya Sertifikasi KNAPPP, Peluang Lolos PUI Besar

Kiprah BP2LHK Manado dalam 10th Indogreen Environment & Forestry Expo 2018

Sambut Hari Bumi dengan Aksi Konservasi Flora dan Fauna di BP2LHK Manado

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------   

     

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------   

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

                    

 

Dilihat: 263