Tingkatkan Layanan Mutu Lembaga, Tim KNAPPP Kemenristek-Dikti lakukan Asesmen Eksternal di BP2LHK Manado

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Senin, 28 Mei 2018 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK Manado (Manado, 16/05/2018) Untuk menjamin pelaksanaan pedoman mutu Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) 02-2007 pada pranata penelitian dan pengembangan yang telah mendapatkan akreditasi, diselenggarakan assesmen eksternal (surveilen) di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado oleh tim dari KNAPPP Kemenristek-Dikti pada tanggal 14-15 Mei 2018.

Asesor dari KNAPPP terdiri atas Ketua Asesor Dr. Ir. Singgih Wibowo, MS dan anggota Prof. Dr. Ir. D.S. Priyarsono, Ph.D serta didampingi staff dari sekretariat KNAPPP Kemenristek-Dikti. Dalam rapat pembukaan asesmen eksternal, Singgih Wibowo selaku ketua tim asesor mengatkan bahwa tujuan dari assesmen eksternal adalah menguji konsistensi pelaksanaan pedoman KNAPPP.

”Agar dapat mengukur kinerja KNAPPP dalam peningkatan mutu layanan dalam penilaian kinerja lembaga serta dapat melihat permasalahan dan kesenjangan yang dapat menghambat sinergi dan pertumbuhan lembaga litbang maka perlu dilakukan asesmen eksternal terhadap lembaga litbang yang telah mendapatkan akreditasi,” kata Singgih. Lebih lanjut Singgih menambahkan bahwa kegiatan dalam asesmen ini antara lain tinjau lapang tentang pelaksanaan pedoman mutu, verifikasi ketidaksesuaian dan observasi.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala BP2LHK Manado, Ir. Dodi Garnadi, M.Si mengatakan bahwa BP2LHK Manado menyambut baik asesmen eksternal ini dan berharap akreditasi KNAPPP bisa dipertahankan. “Semoga asesmen eksternal ini bisa dilaksanakan dengan baik sehingga tahun 2019 akreditasi bisa dipertahankan oleh BP2LHK Manado,” ungkap Dodi.

BP2LHK Manado telah mendapatkan akreditasi dari KNAPPP pada tahun 2016 dengan nomor PL 052-INA. Akreditasi KNAPPP tersebut adalah pengakuan formal terhadap Pranata Litbang atas kemampuannya melaksanakan litbang sesuai dengan tugas dan fungsi; visi dan misinya, mutu keluaran hasil litbangnya, dan keefisienan kinerjanya dalam memenuhi persyaratan umum yang telah ditentukan. Akreditasi KNAPPP diberikan apabila Pranata Litbang telah memenuhi persyaratan Pedoman KNAPPP 02:2007 tentang Persyaratan Umum Pranata Penelitian dan Pengembangan***(Muhammad Farid).

Dokumentasi  :  Hendra S Mokodompit

Artikel terkait          :

  • Wujudkan Kepedulian Lingkungan, BP2LHK Manado dan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane tanam 10.000 Pohon di Perbatasan
  • Sosialisasi Pusat Unggulan IPTEK : BP2LHK Manado Punya Sertifikasi KNAPPP, Peluang Lolos PUI Besar
  • Kiprah BP2LHK Manado dalam 10th Indogreen Environment & Forestry Expo 2018
  • Sambut Hari Bumi dengan Aksi Konservasi Flora dan Fauna di BP2LHK Manado

     -------------------------------------------------------------------------------------------------------------

                       
    --------------------------------------------------------------------------------------------------------------                         

    Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

    Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

    Email :

    Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

    Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

    Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

    Website :

    www.manado.litbang.menlhk.go.id

    www.balithut-manado.org

    E-Jurnal :

    http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 288