Sosialisasi Pusat Unggulan IPTEK : BP2LHK Manado Punya Sertifikasi KNAPPP, Peluang Lolos PUI Besar

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Sabtu, 28 April 2018 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK Manado (Manado, 28/04/2018) Salah satu upaya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk memperkuat kelembagaan IPTEK adalah melalui pengembangan Pusat Unggulan IPTEK (PUI). Hal ini diungkapkan oleh Yudho Baskoro, S.Sos, M.Si., MPP., Kasubdit Lemlitbang Pemerintah Pusat, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) pada saat sosialisasi di Kantor Balai Penelitian dan Pengembagan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, Jumat (27/04).

Dalam sosialisasi yang dihadiri seluruh pegawai BP2LHK Manado Yudho menyampaikan bahwa lembaga yang mendapat penghargaan PUI berarti lembaga tersebut telah diakui menjadi pusat unggulan di Indonesia. Hal ini akan menarik lembaga lainnya baik dari dalam maupun luar negeri untuk menjalin kerjasama. Selain itu, lembaga tersebut akan mendapat insentif untuk lebih menguatkan lembaga yang dilihat dari 3 (tiga) kapasitas, yaitu Sourcing Absortive Capacity, Research and Development Capacity serta Diseminating Capacity,” ungkap Yudho.

Dalam paparannya Yudho menjelaskan untuk tahun 2018 ini tahap awal yang dilakukan adalah penilaian daftar isian borang dan proposal. Pengisian borang dan proposal ditutup paling lambat 11 Mei 2018. Selanjutnya adalah verifikasi dan penentuan lembaga yang lolos dalam pada level pembinaan atau ditetapkan. Apabila nilai lembaga mencapai 700 maka masuk menjadi lembaga binaan dan apabila mencapai nilai lebih dari 850 maka menjadi lembaga yang ditetapkan mendapatkan PUI.

 “Borang ini mencerminkan indikator kinerja kelembagaan, dimana periode yang digunakan adalah 3 tahun untuk melihat track of record dari lembaga tersebut dan dalam pengisian borang maupun proposal tidak perlu pesimis maupun optimis. Kuncinya adalah ceritakan semua kegiatan yang ada di lembaga tersebut dan lengkapi data yang ada serta dibutuhkan sehingga saat diverifikasi ada bukti” kata Yudho.

Yudho berpesan bahwa PUI adalah milik lembaga bukan perorangan atau kelompok. BP2LHK Manado mempunyai peluang yang besar untuk lolos PUI karena telah memiliki sertifikasi Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) dan akreditasi jurnal online, yaitu Jurnal Wasian. “Teruslah bersinergi dengan melibatkan semua pihak yang ada di lembaga dan tetap semangat karena BP2LHK Manado ini berpotensi jadi kalau orang lain bisa kenapa BP2LHK Manado tidak,” tutup Yudho.***(Muhammad Farid).

Dokumentasi     : Harwiyadin Kama

Artikel terkait :

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

                               

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 520