Mengenal Pakoba: Tumbuhan Sejuta Manfaat

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Rabu, 26 Januari 2022 Ditulis oleh Muhammad Athaa Illah Arsjad

BPSILHK Manado kembali menghadirkan buku hasil penelitian “Mengenal Pakoba: Tumbuhan Sejuta Manfaat”. Buku ini merupakan karya intelektual para peneliti dan teknisi litkayasa BP2LHK Manado yang sekarang telah bertransformasi menjadi BPSILHK Manado.

Kearifan lokal sejatinya mengandung sumber ilmu pengetahuan yang substansinya lebih banyak berasal dari interaksi leluhur manusia di zaman lampau dengan lingkungan alam sekitarnya.

Dari interaksi itulah, cahaya pengetahuan ini kemudian terekam secara utuh dalam tradisi lokal yang berlangsung secara turun temurun yang pada akhirnya muncul menjadi informasi berharga yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia di masa sekarang.

Salah satu bukti bahwa betapa kearifan lokal telah mewariskan pengetahuan yang berharga adalah manfaat tanaman pakoba (Syzygium luzonense (Merr.) Merr) yang secara historis mampu menjadi penawar bagi berbagai penyakit kronis, terutama penyakit diabetes yang sampai sekarang masih menjadi ancaman kesehatan bagi masyarakat modern.

Pohon pakoba sangat popular Pohon pakoba sangat populer di Sulawesi Utara, penyebaran alami tumbuhan ini secara administratif meliputi wilayah Kabupaten Minahasa dan wilayah pemekarannya serta Kabupaten Bolaang Mongondow dan wilayah pemekarannya. Pakoba merupakan jenis tumbuhan dengan pertumbuhan yang agak lambat atau medium growing species. Pakoba juga dikenal sebagai jambu hutan atau jambu minahasa karena secara morfologi karakteristik batang dan buah yang mirip dengan jenis jambu-jambuan.

Buku yang disusun oleh Hanif Nurul Hidayah, Lis Nurrani, Supratman Tabba, Arif Irawan, Ady Suryawan, Moh. Andika Lawasi ini diharapkan dapat dipahami oleh semua kalangan pembaca, serta mampu berkontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Terimakasih kami ucapkan kepada Prof. Riset. Dr. Ir. Maman Turjaman, DEA dan Diah Irawati Dwi Arini, S.Hut., M.Sc sebagai editor atas kontribusinya dalam penyempurnaan buku ini serta Penerbit IPB Press atas kerjasamanya dalam proses penerbitan.

Nah bagi yang penasaran dan tertarik mempelajari pakoba lebih dalam silahkan klik link berikut https://balithut-manado.org/index.php/publikasi/buku

Dilihat: 520