Menengok Perkembangan Cempaka Wasian di Desa Tombuluan, Minahasa

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Senin, 08 Februari 2021 Ditulis oleh Administrator

Pembangunan demplot percontohan untuk pengembangan hutan tanaman Cempaka Wasian seluas 8,5 Ha di Desa Tombuluan, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa telah menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan. Presentase keberhasilan pertumbuhan tanaman Cempaka tercatat mencapai lebih dari 80 % dari total keseluruhan, dengan tinggi rata-rata 100 cm. Plot percontohan yang dibangun sejak Desember 2019 ini merupakan proyek kerjasama antara International Tropical Timber Organization (ITTO) dengan pemerintah Indonesia, yang dalam hal ini diwakili oleh BLI KLHK selaku Executing Agency dan BP2LHK Manado selaku Implementing Agency.

Selain dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat lokal dalam upaya mengkonservasi tanaman Cempaka Wasian, pembangunan demplot percontohan ini juga menjadi bagian dari upaya kampanye penanaman Cempaka agar masyarakat kembali antusias menanam flora khas Sulawesi Utara ini.

Teknik agroforestri pun diterapkan sebagai cara mengoptimalkan penggunaan lahan sembari menunggu tanaman Cempaka Wasian mencapai umur masak tebang. Tanaman semusim bernilai komersil yang dijadikan sebagai tanaman sela dipilih sendiri oleh masyarakat sebagai bagian dari kearifan lokalnya, seperti padi ladang, jagung, kacang, cabai, dll, dengan tujuan agar masyarakat bisa memanen keuntungan untuk kebutuhan jangka pendeknya tanpa mengganggu tanaman Cempaka Wasian sebagai tanaman pokoknya. Dengan menerapkan perlakuan optimal yang sesuai dengan konsep ilmiah terkini, lahan tanaman cempaka ini pun diharapakan dapat memberikan hasil yang lebih produktif.

Keberhasilan pembangunan demplot percontohan ini tentunya tidak lepas dari peran semua pihak dan para stakeholder terkait, terutama masyarakat Desa Tombuluan, yang telah bekerjakeras untuk mewujudkan pembangunan hutan tanaman Cempaka ini dengan penuh optimistik.

 

 

Dokumentasi : Hendra S. Mokodompit

------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

 

Dilihat: 106