Kerjasama BP2LHK Manado dengan Manengkel Solidaritas Dalam Mendukung Konservasi KEHATI di Taman Hutan Aqua Lestari, Minahasa Utara

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Selasa, 07 Juli 2020 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK MANADO (Manado,07/7/2020) Bertempat di obyek wisata Kaki Dian telah dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado dengan Manengkel Solidaritas di Taman Hutan Aqua Lestari, Kaki Dian Airmadidi, Minahasa Utara (7/7/20).

Menandai penandatanganan kerjasama juga dilakukan kegiatan penanaman pohon eboni oleh perwakilan dari BP2LHK Manado, Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara, PD Klabat, PT.Tirta Investama Airmadidi, Manengkel Solidaritas, Relawan Konservasi Sulut serta Kelompok Klabat Hijau.

Kepala BP2LHK Manado, Mochlis, S.Hut,T, MP dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Manengkel Solidaritas selaku mitra kerjasama atas kepercayaan kepada BP2LHK Manado untuk melakukan komitmen bersama dalam upaya konservasi serta mengajak para pihak yang berparitsipasi dalam kegiatan penanaman ini untuk membangkitkan semangat menanam. “pada kesempatan ini saya mengajak semua pihak untuk membangkitkan lagi serta kita tularkan semangat menanam ke semua orang salah satunya dengan memviralkan di medsos masing-masing.” ucap Mochlis.

Mochlis juga berharap kedepanya Taman KEHATI bisa menjadi koleksi jenis-jenis tanaman asli dari Sulawesi. “Kedepanya kami berharap taman KEHATI ini bisa menjadi koleksi jenis-jenis tanaman asli dari Sulawesi dan diawali hari ini kita bersama-sama melakukan penanaman 150 bibit eboni yang terdiri dari 3 (tiga) jenis yaitu Diospyros rumpii, Diospyros malabarica dan Diospyros lolin, “. Harap Mochlis.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Manengkel Solidaritas Viando Manasirip mengatakan adapun tujuan dari kegiatan ini dalam rangka meningkatkan keanekaragaman hayati serta dapat menjaga ketersediaan cadangan air tanah bagi masyarakat. ” tujuan dari kegiatan penanaman 150 bibit pohon Eboni di Kaki Dian dengan metode 100% tumbuh ini dalam rangka meningkatkan keanekaragaman hayati serta dapat menjaga ketersediaan cadangan air tanah bagi masyarakat Minahasa Utara khususnya Kelurahan Airmadidi Atas dan Airmadidi Bawah,” kata Viando.

Manengkel Solidaritas sendiri merupakan salah satu pelaksana Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT. Tirta Investama, Pabrik Airmadidi, Minahasa Utara  yang merencanakan akan melakukan restorasi lahan Taman Hutan Aqua Lestari seluas 3,6 Ha.

Sementara itu peneliti Keanekaragaman Flora dan Fauna BP2LHK Manado, Julianus Kinho, S.Hut, M.Sc mengungkapkan bahwa Informasi hasil penelitian kehati ini dapat menjadi referensi bagi semua pihak yang terlibat untuk menjaga dan melindungi keanekaragaman flora dan fauna di Taman Hutan Aqua Lestari ini.

“Dari observasi awal saja kita bisa melihat keanekaragaman flora dan fauna di sini sangat banyak seperti burung, tanaman hutan, maupun mikroorganisme lain yang sangat beraneka ragam di lokasi ini” kata Julianus. Dengan begitu, taman wisata ini akan menjadi salah satu alternatif destinasi wisata di Sulut dengan konsep ekowisata sehingga akan membangkitkan ekonomi kerakyatan di Minahasa Utara secara khusus dan Sulawesi Utara secara umum.***(Muhammad Farid).

Dokumentasi : Muhammad Farid

------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 95