Sambut Hari Bumi dengan Aksi Konservasi Flora dan Fauna di BP2LHK Manado

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Rabu, 18 April 2018 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK MANADO (Manado, 21/04/2018) Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado menyelenggarakan Peringatan Hari Bumi ke-48 tanggal 22 April 2018 dengan melakukan kegiatan bersama Aksi Konservasi Flora dan Fauna dengan PT. J Resources Bolaang Mongondow (JRBM), BPDASHL Tondano dan masyarakat pada Jumat (20/04/18).

Bertempat di Anoa Breeding Centre (ABC), Kepala Seksi Data Seksi dan Informasi BP2LHK Manado Rinto Hidayat, S.Hut yang juga sebagai Plh. Kepala BP2LHK Manado dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan peringatan Hari Bumi hari ini dilakukan serangkaian kegiatan diantaranya Pemindahan anoa bunting yaitu Denok ke kandang isolasi dalam rangka mendukung proses kelahiran normal, peresmian partisipasi peningkatan fasilitas kandang oleh PT. JRBM, Penanaman bibit pohon pakan anoa Ficus variegata oleh perwakilan PT. JRBM,    Penyerahan bantuan kompos ke Persemaian Permanen BPDASHL Tondano serta Penyerahan bibit gratis dari BPDASHL ke masyarakat. ”Berbagai kegiatan konservasi flora dan fauna serta rehabilitasi lahan merupakan kiprah nyata BP2LHK Manado dalam mendukung upaya pemerintah meningkatkan potensi devisa negars dari sektor lingkungan hidup dan kehutanan,” kata Rinto.

Lebih lanjut Rinto juga menambahkan bahwa kegiatan konservasi flora dan fauna yang dilaksanakan oleh BP2LHK Manado salah satunya adalah ABC BP2LHK Manado dimana pada tahun 2018 ini mendapat dukungan dari PT. JRBM. "PT JRBM bangga bisa turut berpartisipasi dalam kegiatan ABC Manado dimana kami bisa memberi bantuan untuk kegiatan Pelatihan Konsevasi Anoa, Kendaraan operasional roda dua, Medical supply, CCTV, Honorarium Dokter Hewan selama 1 tahun, edukasi/outreach school  serta beberapa peningkatan sarana dan prasarana ABC", ungkap Muh. Suhada, GM CSR PT. JRBM.

Selain melakukan kegiatan pemindahan anoa dan peresmian partisipasi PT.JRBM untuk mendukung kegiatan ABC, dalam kegiatan Aksi Konservasi Flora dan Fauna juga dilakukan dukungan pengelolaan persemaian permanen Kima Atas kerjasama BP2LHK Manado dengan BPDASHL Tondano berupa penyerahan sumbangan 0,5 ton kompos ke persemaian permanen. Kompos ini merupakan hasil racikan peneliti BP2LHK Manado yang juga Manager ABC, Ady Suryawan bersama tim dimana bahan dasarnya adalah serasah dan feses (kotoran) anoa.

Menurut Ady Suryawan kompos produksi dari ABC yang continue diharapkan bisa berkontribusi terhadap peningkatan pengelolaan pembibitan di persemaian Kima Atas.” Dengan produksi kompos yang continue berarti ABC sudah berkontribusi terhadap upaya pembibitan yang berdampak pada ekonomi dan lingkungan di Sulut”, ujar Ady. Diakhir acara Rinto Hidayat, S.Hut selaku Plh. Kepala BP2LHK Manado berharap kerjasama dengan PT. JRBM maupun mitra kerjasama BP2LHK Manado lainnya dapat terus berkesinambungan sehingga pengelolaan ABC bisa semakin baik lagi.***( Rinto Hidayat & Muhammad Farid).

 

Dokumentasi     : Muhammad Farid & Hendra S Mokodompit

Dilihat: 2018